Selasa, 02 Oktober 2012

peranan manajer dalam pengelolaan



Perananmanajerdalampengelolaan
PERAN MANAJEMEN, menurut Henry Mintzberg
1.Peran Interpersonal :peranhubungan personal dapatterdiridari :
= figurkepala (figur head) : manajermewakiliorganisasiuntuk kegiatan2 diluarorganisasi.
=pemimpin(leader) : manajermengkoordinasi, mengendalikan, memotivasi, danmendukungbawahan- bawahannya.
= penghubung (liaison) :manajermenghubungkan personal2 di semuatingkatanmanajemen.
2.Peran Informational : perandarimanajersebagaipusatsyaraf (nerve center) organisasiuntukmenerimainformasiyg paling mutakhirdansebagaipenyebar ( disseminator) informasikeseluruh personal di organisasi. Peraninformasilainnyaadalahmanajersebagaijurubicara (spokesman) untukmenjawab pertanyaan2 tentanginformasiygdimilikinya.
3.Peran decisional : yang dilakukanolehmanajeradalahsebagaientreprenuer, sebagai orang ygmenanganigangguan, sebagai orang ygmengalokasikan sumber2 dayaorganisasi, dansebagainegosiatorjikaterjadikonflik di dalamorganisasi.
KeahlianManajer :Seorangmanajer yang berhasilharusmemilikibanyakkeahlian, tetapiadadua yang mendasaryaitukomunikasidanpemecahanmasalah. Manajerberkomunikasidenganbawahannya, atasannya, manajerlainditingkat yang sama, dandengan orang-orang diluarperusahaan. Merekajugamemecahkanmasalahdenganmembuatperubahan-perubahanpadaoperasiperusahansehinggaperusahaandapatmencapaitujuannya.
Seorangmanajermerencanakanapa yang akanmerekalakukan (dalamukuranjangkapendek, menengahdanpanjang). Kemudian, merekamelakukanpengorganisasianuntukmencapairencanatersebut.Selanjutnyamerekamenyusunstaforganisasisesuaidengankebutuhansumberdaya yang dibutuhkan.Berdasarkansumberdaya yang ada, merekamengarahkanuntukmelaksanakanrencana.Akhirnyamerekamengendalikansumberdaya, menjaganya agar tetapberoperasisecara optimal.
Uraiandaritugasmanajer yang dinyatakanoleh Henri Fayoldianggapmasihbelummenggambarkantugasmanajersecaramenyeluruh.Untukitulahdikembangkankerangkakerja yang lebihrincidandikenaldenganistilahPerananManajer (Henry Mintzberg : Managerial roles) :
2. PerananManajerDalamPengelolahanManajemenInformasi
Sumberdayamanajemenada 2:
a. Sumberdayafisik :manusia,mesin,material,uang.
b. Sumberdayakonseptual :informasi(termasuk data).
Perananmanajermengelolasumberdayaini agar dapatdigunakansecaraefektif.Sebagaitindaklanjutdariperananmanajermakaperluadanyaushapenataansumberdayatermasukdidalamnyamanajemeninformasiyakniberupa:
-Sumberdayaharus di susunsedemikianrupasehinggasetipasaat di perlukandapatsegeradimanfaatkandanperludilakukanmodifikasi.
-sumberdayaharusdimanfaatkansemaksimalmungkin.
-sumberdayaharusselaludiperbaharui.
Keterampilanmanajemenada2 :keahliankomputerdankeahlianinformasi.
Di jaman yang sudahmengandalkanteknologiserbacanggihini,komputeradalahalat yang wajibbisa di kuasai.karenahampirsemuaperusahaanmenggunakankomputeruntukmenjalankanpekerjaan.manajerdansisteminformasi,sistemadalahsekelompokelemen-elemen yang salingberinteraksiuntukmencapaitujuantertentu,contoh:perusahaanmanufaktur.setiapsistemmemilikibatas-batasluar yang memisahkannyadarilingkungannya.tidaksemuasistemmemilikikombinasielemensistem yang sama,namunsecaraumumbisa di gambarkanterdiridarisumberdaya input(masukkan),proses transformasidansumberdaya output(keluaran)

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar