Selasa, 02 Oktober 2012

data dan informasi



DATA DAN INFORMASI
Data
Data merupakansalahsatuhalutama yang dikajidalammasalah TIK.Penggunaandanpemanfaatan data sudahmencakupbanyakaspek.Data jugamerupakansesuatu yang belummempunyaiartibagipenerimanyadanmasihmemerlukanadanyasuatupengolahan.Data bisaberujutsuatukeadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasaataupunsimbol-simbollainnya yang bisakitagunakansebagaibahanuntukmelihatlingkungan, obyek, kejadianataupunsuatukonsep.
Berikutadalahpembahasandefinisi data berdasarkanberbagaisumber
Data menggambarkansebuahrepresentasifakta yang tersusunsecaraterstruktur, dengan kata lain bahwa “Generally, data represent a structured codification of single primary entities, as well as of transactions involving two or more primary entities .” (Vercellis, 2009: 6). Selaindeskripsidarisebuahfakta, data dapat pula merepresentasikansuatuobjeksebagaimanadikemukakanolehWawandanMunir (2006: 1) bahwa “Data adalahnilai yang merepresentasikandeskripsidarisuatuobjekataukejadian (event) “
Dengandemikiandapatdijelaskankembalibahwa data merupakansuatuobjek, kejadian, ataufakta yang terdokumentasikandenganmemilikikodifikasiterstrukturuntuksuatuataubeberapaentitas.
Data bisamerupakan jam kerjabagikaryawanperusahaan. Data inikemudianperludiprosesdandiubahmenjadiinformasi.
Informasi
Informasiadalahhasilpengolahandarisebuah model, formasi, organisasi, ataupunsuatuperubahanbentukdari data yang memilikinilaitertentu, danbisadigunakanuntukmenambahpengetahuanbagi yang menerimanya. Dalamhalini, data bisadianggapsebagaiobyekdaninformasiadalahsuatusubyek yang bermanfaatbagipenerimanya.Informasijugabisadisebutsebagaihasilpengolahanataupunpemrosesan data.
Informasimerupakansesuatu yang dihasilkandaripengolahan data.Data yang sudahadadikemasdandiolahsedemikianrupasehinggamenjadisebuahinformasi yang berguna.Berikutadalahdefinisiinformasiberdasarkanberbagaisumber.
Informasimerupakansuatuhasildaripemrosesan data menjadisesuatu yang bermaknabagi yang menerimanya, sebagaimanadikemukakanolehVercellis (2009: 7) “Information is the outcome of extraction and processing activities carried out on data, and it appears meaningful for those who receive it in a specific domain .”Selainmerupakanhasildaripengolahan data, informasijugamenggambarkansebuahkejadian, sebagaimanadikemukakanolehWawandanMunir (2006: 1) bahwa “Informasimerupakanhasildaripengolahan data dalamsuatubentuk yang menggambarkansuatukejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) denganlebihbergunadanlebihberarti “.
Dengandemikianinformasidapatdijelaskankembalisebagaisesuatu yang dihasilkandaripengolahan data menjadilebihmudahdimengertidanbermakna yang menggambarkansuatukejadiandanfakta yang ada.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar