Selasa, 30 Oktober 2012

model sistem umum perusahaan


BAB 4 & 5 MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN & PENDEKATAN SISTEM
BAB I
PENDAHULUAN 

1.1 LATAR BELAKANG 
Kita telah mengetahui bahwa teori sistem organisasi melihat perusahaan sebagai sebuah sistem terbuka. sistem tersebut menerima sumbernya dari lingkungan, mengubah sumber tersebut menjadi bentuk lain, dan membuat sumber yang ditransformasikan berada kedalam lingkungan. dalam bab ini, kita akan membahas bagaimana organisasi manufaktur dapat dianggapa sebagai sebuah sistem dan mengembangkan diagram proses sistem tersebut sehingga dapat diterapkan kedalam segala jenis organisasi 

Komputer dapat berperan pokok dalam metode ini, sehingga disebut pendekatan sistem. Namun demikian,  kita tidak boleh menutup mata terhadap kenyataan bahwa informasi dari selain komputer juga akan digunakan disini kita akan mengetahui bahwa terdapat perbedaan cara dari tiap-tiap manajer dalam menanggapi masalah
BAB II
MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN & PENDEKATAN SISTEM
2.1 Model Umum Perusahaan 
      2.1.1 Pengertian Model 
Sebuah Model mempunyai fungsi yang sama, Model adalah abstraksi dari sesuatu ia menampilkan tujuan dan aktifitas yang disebut entity (kesatuan).
·                     Jenis Model
1.            Model Fisik adalah penggambaran tiga dimensi dari kesatuannya
2.            Model Naratif adalah sebuah jenis model yang digunakan manajer tiap hari, yang jarang dianggap sebagai model
3.            Model Grafis adalah jenis model lain yang tetap dalam penggunaannya
4.            Model Matematis adalah model yang penggunaannya dalam pembuatan model bisnis sekarang ini 

      2.1.2 Konsep Dasar Model Sistem Umum Perusahaan:
Ada dua macam sistem terbuka yaitu yang dapat mengontrol operasinya sendiri dan yang tidak bisa. kontrol dapat dilakukan melalui alat yang berupa simpul yang dibuat menjadi sistem. simpul ini disebut simpul feedback, yang memberikan jalan kecil bagi signal dari sistem kemekanisme kontrol, dan dari mekanisme kontrol kembali kesistem. mekanisme kontrol adalah peralatan dari beberapa jenis yang menggunakan signal feedback untuk mengevaluasi penampilan sistem dan menentukan apakah dibutuhkan tindakan pembetulan 
·                     Sistem simpul terbuka adalah sebuah sistem tidak mempunyai simpul feedback atau mekanisme kontrol
·                     Sistem simpul tertutup
·                     Kontrol manajemen 
 2.1.PenggunaanModelSistemUmum:

Arus bahan melalui perusahaan manufaktur dan kontrol yang dilakukan oleh manajer seperti yang digambarkan oleh model sistem umum, keduanya sangat jelas. tidak begitu mudah untuk menghubungkan model tersebut kejenis perusahaan yang lain. Dalam pembahasan ini model tersebut digunakan untuk menjelaskan pengecer dan organisasi yang memberikan pelayanan. Tujuan pembahasan tersebut adalah untuk menunjukkan bahwa model tersebut bersifat umum dalam arti yang sebenarnya dan memberikan struktur dasar untuk melakukan analisis terhadap berbagai jenis organisasi 
1.Supermarket
 

·                     Semua sumber fisik mengalir melalui sistem fisik dari supermarket arus utamanya adalah bahan yaitu barang grosir dan semua item yang dijual . hanya ada beberapa mesin yang digunakan dalam supermarket, mesin pembaca kode jenis barang pada counter checkout yang sering kita jumpai namun ada juga mesin yang lebih kecil seperti kalkulator dan telepon yang ada dalam kantor 
·                     Proses transformasi dalam supermarket meliputi pembukaan kotak barang dagangan dan penyusunan item (barang) pada rak
·                     Elemen manajemen dalam sistem konsep terdiri dari manajer toko dan pembantu manajer
·                     Manajemen toko (supermarket) mengontrol sistem fisik dalam beberapa tingkat dengan melakukan pengamatan
·                     Standart memberikan pedoman kepada manajer berkenaan dengan tingkat penampilan yang akan dicapai 
2.2PendekatanSistem 
      2.2.1 Pemahaman Dasar Pemecahan Masalah Dan Pembuatan Keputusan
Istilah pemecahan masalah membawa pemikiran kita tertuju pada perbaikan sesuatu yang mengalami kesalahan. Manajer 
 membuat keputusan untuk mencegah sesuatu yang menyimpang dari yang sedang terjadi atau meminimalkan pengaruh yang disebabkan oleh sesuatu yang menyimpang tersebut

Manajer mencoba untuk merespon secara cepat untuk mencegah pengaruh yang merusak, namun manajer juga merespon terhadap sesuatu yang berjalan dengan lebih baik daripada yang diharapkan. Manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah, Keputusan adalah seleksi dari strategi atau tindakan

Pembuatan keputusan adalah tindakan penyeleksian strategi atau tindakan yang diyakini oleh pembuat keputusan akan memeberikan pemecahan yang terbaik terhadap masalah, salah satu kunci untuk memecahkan masalah adalah pengidentifikasian pilihan atau alternatif keputusan 
 

      2.2.2 Tahapan Pemecahan Masalah Dengan Menggunakan Pendekatan Sistem
Jika anda ingin menggunakan pendekatan sistem anda tidak perlu menunggu munculnya masalah anda dapat melakukan usaha persiapan dengan mendapatkan orientasi sistem, hal ini dilakukan dengan menjalankan 3 langkah yaitu
1. Melihat Perusahaan Sebagai Sebuah Sistem
   Manajer harus dapat melihat perusahaannya sebagai sebuah sistem. hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan model sistem umum yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya. Manajer harus dapat melihat sejauh mana perusahaan cocok dengan model tersebut
2. Memahami Sistem Lingkungan
    Lingkungan mewakili sistem yang lebih besar disini perusahaan merupakan subsistemnya, lingkungan memerlukan produk atau pelayanan tertentu dan hal inilah yang menjadi alasan keberadaan perusahaan. Lingkungan juga menyediakan semua sumber yang dibutuhkan oleh perusahaan yang digunakan untuk menghasilkan produk dan pelayanan
3. Mengidentifikasikan Subsistem Perusahaan
    Elemen ini merupakan subsitem dari perusahaan, yang paling mudah dilihat oleh manajer adalah area fungsional, masing-masing dapat dianggap sebagai subsistem yang terpisah yang berada pada tingkat hirarki yang sama dalam perusahaan
 

      2.2.3 Faktor Manusia Yang Mempengaruhi Pemecahan Masalah
1. Penangkapan Masalah

·                     Penghindar Masalah
·                     Pemecahan Masalah
·                     Pencari Masalah
2. Pengumpulan Informasi

·                      Cara Memerintah
·                      Cara Menerima
3. Penggunaan Informasi

·                     Cara Sistematik
·                     Cara Intuitif

BAB III 
KESIMPULAN
Bab ini hanya memberikan pengenalan mengenai model sistem umum tiap model tersebut akan dianalisis secara lebih mendetail, sebagaimana yang anda lihat keindahan model sistem umum terletak pada kesederhanaannyadan ia dapat digunakan oleh setiap orang dalam berbagai situasi, ia juga merupakan unsur dasar dari pendekatan sistem 
Pendekatan sistem adalah metode umum yang dapat diterapkan pada segala jenis organisasi kita telah menggunakan pendekatan sistem untuk menemukan masalah mengenai tidak memadainya pemrosesan informasi, pendekatan sistem bukanlah prosedur yang tidak fleksibel namun ia adalah pedoman yang dapat disesuaikan dengan situasi masalah tertentu
SUMBER :
BUKU SISTEM INFORMASI MANAJEMEN  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar