Selasa, 02 Oktober 2012

KOMPUTER SEBAGAI ELEMEN DAN SISTEM INFORMASI



KOMPUTER SEBAGAI ELEMEN DAN SISTEM INFORMASI

Sisteminformasiterdiridarielemen-elemen yang terdiridari orang, prosedur, perangkatkeras, perangkatlunak, basis data, jaringankomputerdankomunikasi data.Semuaelemeninimerupakankomponenfisik.
1. Orang
Orangataupersonil yang di maksudkanyaitu operator komputer, analissistem, programmer, personil data entry, danmanajersisteminformasi/EDP
2. Prosedur
Prosedurmerupakanelemenfisik.Hal ini di sebabkankarenaprosedurdisediakandalambentukfisiksepertibukupanduandaninstruksi.Ada 3 jenisprosedur yang dibutuhkan, yaituinstruksiuntukpemakai, instruksiuntukpenyiapanmasukan, instruksipengoperasianuntukkaryawanpusatkomputer.
3. Perangkatkeras
Perangkatkerasbagisuatusisteminformasiterdiriataskomputer (pusatpengolah, unit masukan/keluaran), peralatanpenyiapan data,dan terminal masukan/keluaran.
4. Perangkatlunak
Perangkatlunakdapatdibagidalam 3 jenisutama :
a. Sistemperangkatlunakumum, sepertisistempengoperasiandansistemmanajemen data yang memungkinkanpengoperasiansistemkomputer.
b. Aplikasiperangkatlunakumum, seperti model analisisdankeputusan.
c. Aplikasipernagkatlunak yang terdiriatas program yang secaraspesifikdibuatuntuksetiapaplikasi.
5. Basis data
File yang berisi program dan data dibuktikandenganadanya media penyimpanansecarafisikseperti diskette, hard disk, magnetic tape, dansebagainya. File jugameliputikeluarantercetakdancatatan lain diataskertas, mikro film, an lain sebagainya.
6. Jaringankomputer
Jaringankomputeradalahsebuahkumpulankomputer, printer danperalatanlainnya yang terhubungdalamsatukesatuan. Informasidan data bergerakmelaluikabel-kabelatautanpakabelsehinggamemungkinkanpenggunajaringankomputerdapatsalingbertukardokumendan data.
7. Komunikasi data
Komunikasi data adalahmerupakanbagiandaritelekomunikasi yang secarakhususberkenaandengantransmisiataupemindahan data daninformasidiantarakomputerkomputerdanpirant-piranti yang laindalambentuk digital yang dikirimkanmelalui media komunikasi data. Data berartiinformasi yang disajikanolehisyarat digital.Komunikasi data merupakanbagian vital darisuatusisteminformasikarenasisteminimenyediakaninfrastruktur yang memungkinkankomputer-komputerdapatberkomunikasisatusama lain.


Unit yang paling pentingadalah CPU (Central Processing Unit) yang mengendalikansemua unit sistemkomputer yang lain, danmengubah input menjadi output.
CPU mencakupsatu unit penyimpanan yang disebut PRIMARY STORAGE, yang berisi data yang sedangdiolah, yaitusuatudaftarinstruksi yang mengolah data.
Istilah Software digunakanuntukmenggambarkansatuataubeberapa program aplikasi.
Control Unit, membuat unit bekerjasamauntukmembentuksuatusistem.
Aritmatic Logical Unit, tempatberlangsungnyaoperasiperhitungandanlogika.
Nama Processor, digunakanuntukmenggambarkanisi Control Unit dan ALU yang mengolahisi “Penyimpanan Primer”.
KarenaPenyimpanan Primer terbataskapasitasnya, diperlukansuatu area penyimpanantambahan, yang disebutdengan “PenyimpananSekunder”, yang menyediakantempatuntukmenyimpan program dan data saattidakdiperlukan.
Program yang disimpan Software Library.
Data yang disimpan Database.
Hasilpengolahantersebutdicatatoleh Unit Output.

BENTUK PENYIMPANAN PRIMER
1. R.A.M (Random Access Memory), untukmenyimpan software dan data. Memungkinkanoperasibacamaupuntulis, tetapijugadisebut VOLATILE, isinyahilangsaatlistrikdimatikan.
2. R.O.M (Read-Only Memory) ,jeniskhususpenyimpanan primer yang dapatdibacatetapitidakdapatditulis. R.O.M menyimpan material sepertiinstruksi-instruksi yang memberitahukankomputer, apa yang harusdilakukansaatdinyalakan. Bersifat NON VOLATILE, isinyatidakterhapussaatlistrikdimatikan.
3. Cache Memory, perpindahaninstruksi program dan data antaraPenyimpanan Primer dan Processor (Control Unit dan ALU) dicapaipadakecepatan yang sangattinggi. Sejumlahkomputermampumencapaikecepatan yang sangattinggidenganmenyertakan RAM khusus yang sangatcepatdansangatmahal yang ditempatkanantara RAM biasadan Processor. RAM jenisinidikenaldenganistilah Cache Memory.
Alat input dan output menyediakanhubungankomunikasianataramanajerdankomputeruntukmemecahkanmasalahgunapengambilankeputusan yang efektifdanefisien.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar