Selasa, 02 Oktober 2012

pentingnya manajemen informasi dalam perusahaan



PentingnyaManajemenInformasidalam Perusahaan

Manajemenjugaberlakupadamanajemenfungsikantor. Manajerkantorbertanggungjawabmerencanakan, mengorganisasidanmengotrolsemuakegiatanperusahaandanmengarahkan orang untukmencapaitujuanperusahaan.
Fungsimanajemenkantorterbataspadalayananberkasdanpegawai. Adanyaperkembanganzamandanmetodeinformasimuncultuntutan agar informasidankrputusandilakukanlebihcepat.Manajemenmulaitergantungpadakekuatankantorkarenateknologikomunikasidankomputermemberikekuatan proses informasikepadakantor yang lebihbesar. Konsep ”kantorsatudepartemen” memperluaskonsepmanajemenadministratif yang lebihterpusat.
Selamaawal 1960-an, fungsikantormenjadimanajemeninformasi. Konsepinimemberitanggungjawab yang luasuntukmengumpulkan, mengolah, menyimpan, menelusuri, dandistribusiinformasi. Di bab 2, kegiataninimewakilisistemprosedurpengolahansiklusinformasi; danjikadilakukandenganbaik, menjadibidangstudi. Sehingga, sisteminformasimenjadidisiplinakademik yang munculdaripenerapanteknologiinformasi.Tugaskantor lama sepertikomunikasilisandantulisan, mengolahdanmelaporkan, penyimpanan data, akunting, danpemberkasanmasihada, tapidiperbarui

Definisisebuahsisteminformasimanajemen, istilah yang umumdikenal orang adalahsebuahsistemmanusia/mesin yang terpadu (intregeted) untukmenyajikaninformasigunamendukungfungsioperasi, manajemen, danpengambilankeputusandalamsebuahorganisasi.Sisteminimenggunakanperangkatkeras (hardware) danperangkatlunak (software) komputer, prosedurpedoman, model manajemendankeputusan, dansebuah “data base”.
Manajemeninformasipentingbagimeningkatkankesuksusesan yang kompetitifdalamsemuasektor.
Tujuanmanajemeninformasiadalahuntukmelindungikerahasiaan, integritasdanketersediaaninformasi.Dengantumbuhnyaberbagaipenipuan, spionase, virus, danhackerssudahmengancaminformasibisnismanajemenolehkarenameningkatnyaketerbukaaninformasidanlebihsedikitkendali/control yang dilakukanmelaluiteknologiinformasi modern. Sebagaikonsekuensinya ,meningkatkanharapandariparamanajerbisnis, mitrausaha, auditor,danstakeholders lainnyamenuntutadanyamanajemeninformasi yang efektifuntukmemastikaninformasi yang menjaminkesinambunganbisnisdanmeminimisekerusakanbisnisdenganpencegahandanmemimisedampakperistiwakeamanan.
Kita akanbahasapaitu CBIS sebenarnya; yaitu basis pengontrolsisteminformasi yang digunakanuntukmenjagakeamanan data daninformasidarisuatusistemdalamsuatuorganisasi.
Mencakupsemuafasesiklushidup, selamasiklushidupdibagimenjadikontrol-kontrol yang berhubungandenganpengembangansistem, desaindanoperasi
Betapapentingnyainformasidalamkehidupanmanusia, sehinggainformasi yang datangtidakbolehterlambat ,tidakboleh bias(beratsebelah) harusbebasdarikesalahan-kesalahandanrelevandenganpenggunanya,sehinggainformasitersebutmenjadiinformasi yang berkualitasdanbergunabagipemakainya. Untukmendapatkaninformasi yang berkualitasperludibangunsebuahsisteminformasisebagai media pembangkitnya.Sisteminformasimerupakancaramenghasilkaninformasi yang berguna .informasi yang bergunaakanmendukungsebuahkeputusanbagipemakainya.
Pendekatansistemadalahsuatuprosedurlangkah demi langkah yang digunakandalammemecahkanmasalah.Tiaplangkahmencakupsatukeputusanataulebih, danuntuktiapkeputusandiperlukaninformasi.
Manajemenjugaberlakupadamanajemenfungsikantor. Manajerkantorbertanggungjawabmerencanakan, mengorganisasidanmengotrolsemuakegiatanperusahaandanmengarahkan orang untukmencapaitujuanperusahaan.
Fungsimanajemenkantorterbataspadalayananberkasdanpegawai. Adanyaperkembanganzamandanmetodeinformasimuncultuntutan agar informasidankrputusandilakukanlebihcepat.Manajemenmulaitergantungpadakekuatankantorkarenateknologikomunikasidankomputermemberikekuatan proses informasikepadakantor yang lebihbesar. Konsep ”kantorsatudepartemen” memperluaskonsepmanajemenadministratif yang lebihterpusat.
Selamaawal 1960-an, fungsikantormenjadimanajemeninformasi. Konsepinimemberitanggungjawab yang luasuntukmengumpulkan, mengolah, menyimpan, menelusuri, dandistribusiinformasi. Di bab 2, kegiataninimewakilisistemprosedurpengolahansiklusinformasi; danjikadilakukandenganbaik, menjadibidangstudi. Sehingga, sisteminformasimenjadidisiplinakademik yang munculdaripenerapanteknologiinformasi.Tugaskantor lama sepertikomunikasilisandantulisan, mengolahdanmelaporkan, penyimpanan data, akunting, danpemberkasanmasihada, tapidiperbarui
Sebuahperusahaanmengadakantransaksi-transaksi yang harusdiolah agar bisamenjalankankegiatannyasehari-hari.Daftargajiharusdisiapkan, penjualandanpembayaranatasperkiraanharusdibutuhkan: semuainidanhal-hallainnyaadalahkegiatanpengolahan data danharusdianggapbersifatpekerjaanjurutulis yang mengikutisuatuprosedurstandartertentu. Komputerbermanfaatutnuktugas-tugaspengolahan data semacamini, tetapisebuahsisteminformasimenajemenmelkasanakan pula tugas-tugas lain danlebihdarisekedarsistempengolahan data.Adalahsistempengolahaninformasi yang menerapkankemampuankomputeruntukmenyajikaninformasibagimanajemendanbagipengambilankeputusan.
Sisteminformasimanajemandigambarkansebagaisebuahbangunanpiramidadimanalapisandasarnyaterdiridariinformasi, penjelasantransaksi, penjelasan status, dansebagainya.Lapisanberikutnyaterdiridarisumber-sumberinformasidalammendukungoperasimanajemensehari-hari.Lapisankerigaterdiridairsumberdayasisteminformasiuntukmembantuperencanaantaktisdanpengambilankeputusanuntukpengendalianmanajemen.Lapisanpuncakterdiridarisumberdayainformasiutnukmendukungperencanaandanperumusankebijakanolehtingkatmanajemen.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar