Selasa, 02 Oktober 2012

manajemen informasi



Manajemeninformasi

Manajemeninformasiyaituserangkaian sub sisteminformasi yang menyeluruhdanterkoordinasidansecararasionalterpadu yang mampumentransformasi data sehinggamenjadiinformasilewatserangkaiancaragunameningkatkanproduktivitas yang sesuaidengangayadansifatmanajeratasdasarkriteriamutu yang telahditetapkan.
Manajemeninformasimerupakansuatusistemberbasiskomputer yang menyediakaninformasibagibeberapapemakaidengankebutuhan yang sama. Para pemakaibiasanyamembentuksuatuentitasorganisasi formal, perusahaanatau sub unit dibawahnya.Informasimenjelaskanperusahaanatausalahsatusistemutamanyamengenaiapa yang terjadi di masalalu, apa yang terjadisekarangdanapa yang mungkinterjadi di masa yang akandatang. Informasitersebuttersediadalambentuklaporanperiodik, laporankhususdanouputdari model matematika.Output informasidigunakanolehmanajermaupun non manajerdalamperusahaansaatmerekamembuatkeputusanuntukmemecahkanmasalah.
Sisteminformasimanajemen di dalamperancangan, penerapandanpengoperasiannyasangatmahaldansulit.Upayainidanbiaya yang diperlukanharusditimbang-timbang. Ada beberapafaktor yang membuat SIM menjadisemakindiperlukan, antara lain bahwamanajerharusberhadapandenganlingkunganbisnis yang semakinrumit. Salah satualasandarikerumitaniniadalahsemakinmeningkatnyadenganmuncunyaperaturandaripemerintah.
Situasilingkunganbisnisbukanhanyarumittetapijugadinamis.Olehsebabitumanajerharusmembuatkeputusandengancepatterutamadenganmunculnyamasalahmanajemendenganmunculnyapemecahan yang memadai.
KegiatanutamadariSemuasisteminformasi, yaitumenerima data sebagaimasukan (input), kemudianmemprosesnyadenganmelakukanpenghitungan, penggabunganunsur data, pemutakhirandan lain-lain, akhirnyamemperolehinformasisebagaikeluarannya (output).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar