Selasa, 02 Oktober 2012

Evolusi system informasiberbasis computer



Evolusi system informasiberbasis computer

SistemInformasiManajemenmerupakansistempembangkitinformasi.Denganintegrasi yang dimilikiantar sub-sistemnya, sisteminformasimanajemenakanmampumenyediakaninformasi yang berkualitas, tepat, cepatdanakuratsesuaidenganmanajemen yang membutuhkannya.
SistemInformasiManajemenberbasiskomputermengandungartibahwakomputermemainkanperananpentingdalamsebuahsisteminformasi.Secarateori, penerapansebuahSistemInformasimemangtidakharusmenggunakankomputerdalamkegiatannya.Tetapipadaprakteknyatidakmungkinsisteminformasi yang sangatkompleksitudapatberjalandenganbaikjikatanpaadanyakomputer.SistemInformasi yang akuratdanefektif, dalamkenyataannyaselaluberhubungandenganistilah computer-based ataupengolahaninformasi yang berbasispadakomputer.

Padaawalabadke 20 pemakaiankomputerterbatashanyauntukaplikasiakuntansidandigunakannama EDP yang merupakanaplikasisisteminformasi yang paling dasardalamsetiapperusahaan. Sekarangkitamenggunakanistilah SIA untukmenggantikan EDP.

FokusBaruPadaInformasi
Konseppenggunaankomputeruntukmendukungsisteminformasimanajemenmulaidiperkenalkanpadatahun 1964 olehparapembuatkomputer.Konsep SIM menyadaribahwaaplikasikomputerharusditerapkanuntuktujuanutamamenghasilkaninformasimanajemen.

FokusRevisiPadaPendukungKeputusan
Sementara SIM terusberkembangdalammenghadapikelemahan-kelemahannya, munculpendekatanbarudengannama DSS, yaitusistempenghasilinformasi yang ditujukanpadasuatumasalahtertentu yang harusdipecahkanolehmanajer.

FokusSekarangPadaKomunikasi
Penerapan OA (Office Automation) untukmemudahkankomunikasidanpeningkatanproduktivitasdiantaraparamanajerdanpekerjakantorlainnyamelaluipenggunaanalat-alatelektronik.

FokusPotensialPadaKonsultasi
SaatinisedangberlangsunggerakanuntukmenerapkanKecerdasanBuatan (AI) bagimasalah-masalahbisnis. Ide dasardari AI adalahbahwakomputerdapatdiprogramuntukmelaksanakansebagianpenalaranlogis yang samasepertimanusia
Definisi SIA :
Suatukomponenorganisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisadanmengkomunikasikaninformasifinansialdanpengambilankeputusan yang relevanbagipihakluarperusahaandanpihakekstern.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar